MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 2D PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus: SD Negeri Bagor 03)

Tri, Wahyuni (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 2D PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus: SD Negeri Bagor 03). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_ABSTRAK.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_HALAMAN AWAL.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_HALAMAN AWAL.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_BAB I.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_BAB I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_BAB II.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_BAB III.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_BAB IV.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_BAB V.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_BAB V.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of TRI WAHYUNI_2013010159_LAMPIRAN.pdf] Text
TRI WAHYUNI_2013010159_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Media Pembelajaran Interaktif 2D Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Bagor 03”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif 2D yang lebih
menarik dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sholat pada mata pelajaran PAI. Batasan dalam penelitian ini meliputi penggunaan metode ADDIE untuk pengembangan aplikasi dan evaluasi efektivitasnya melalui pre-test dan post-test. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan N-gain untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan dari hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa setelah menggunakan aplikasi media pembelajaran interaktif ini. Pengujian melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan analisis N-gain menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan pemahaman pada kategori sedang hingga tinggi. Elemen interaktif seperti animasi, kuis, dan game edukasi terbukti mampu menarik perhatian siswa dan memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa media pembelajaran interaktif 2D yang diterapkan terbukti efektif dalam
meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi sholat pada mata pelajaran PAI. Aplikasi media pembelajaran interaktif 2D ini dapat menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran PAI, terutama ketika dikombinasikan dengan metode pembelajaran konvesional.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif, sholat, PAI, pre-test dan post-test, ADDIE.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2013010159 TRI WAHYUNI TW
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:01
Last Modified: 16 Oct 2024 05:18
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item
View Item