Annisa Retno, Palupi (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI OPERASI BILANGAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 2 SD (Studi Kasus: Ahe 3A Bimbel Baturetno). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_HALAMAN AWAL.pdf
Download (2MB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_ABSTRAK.pdf
Download (224kB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_BAB I.pdf
Download (248kB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_BAB V.pdf
Download (230kB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (196kB)
ANNISA RETNO PALUPI_2013010208_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin cepat dapat mempengaruhi
berbagai bidang aspek pada era modern ini. Salah satunya bidang pendidikan yang beralih pembelajarannya dengan media edukasi. Penggunaan media edukasi sebagai upaya meningkatkan belajar siswanya. Dapat berupa komponen seperti teks, foto, animasi, grafik, audio, dan video yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang inovatif. Namun, tidak semua tempat pendidikan menyediakan media edukasi dalam pendidikannya. Sehingga, banyak siswa yang mengikuti mata pelajaran tambahan di tempat les untuk mendapatkan pendidikan luar sekolah. Pemahaman pembelajaran matematika bagi beberapa siswa mengalami kesulitan dengan salah satu materinya adalah operasi bilangan. Salah satu tempat pendidikan yang mengampu mata pelajaran matematika adalah tempat les Ahe 3A Bimbel Baturetno. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan mendapatkan proses pembelajaran dalam mata pelajaran termasuk matematika, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menghitung angka. Dan beberapa siswa kelas 2 SD mengatakan bahwa belajar matematika sangat sulit untuk dipahami. Sehingga, data yang telah terkumpul melalui pre-test siswa dengan rata-rata 61,16 dapat ditemukannya solusi dengan media game. pengembangan media game menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan game dapat disimpulkan melalui perhitungan skala likert pada kuesioner sekitar 76,25% dengan interpretasi “Sangat Setuju” bahwa game dapat diterima dalam penggunaannya oleh siswa kelas 2 SD. Hasil post-test juga dilakukan setelah menggunakan media game mendapatkan rata-rata 77,76. Dengan perbandingan selisih nilai sekitar 27% yang berarti peningkatan pemahaman siswa kelas 2 SD sebelum dan sesudah menggunakan game berjalan dengan baik.
Kata kunci: Media Edukasi, Matematika, ADDIE, Game, Skala Likert
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010208 ANNISA RETNO PALUPI |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 08:25 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 08:25 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/156 |