PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA JAWA PADA SISWA SDN KEPUH 01 KELAS 3

Anggoro Putro, Ardiansyahdiyan (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA JAWA PADA SISWA SDN KEPUH 01 KELAS 3. S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_HALAMAN AWAL.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_ABSTRAK.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB I.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB I.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB II.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB III.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB IV.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB V.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_BAB V.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_LAMPIRAN.pdf] Text
ARDIANSYAHDIYAN ANGGORO PUTRO_2113010250_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Jawa Pada Siswa SDN Kepuh 01 Kelas 3”. Tujuan dari penelitian ini yaitu menciptakan media pembelajaran interaktif bahasa jawa dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi sandangan swara dan pasangan aksara jawa. Media pembelajaran interaktif sandangan swara dan pasangan aksara jawa ini dibuat dengan menggunakan adobe animate yang mencakup materi, video yang berdurasi maksimal 5 menit, game drag and drop dan game essay, dan kuis. Pada penelitian ini menggunakan analisis data SWOT, N-Gain yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman, dan Skala Likert yang digunakan untuk mengukur validitas media. Hasil dari penelitian ini dihasilkan bahwa pembuatan atau pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode ADDIE dan dibuat dengan menggunakan Adobe Animate CC 2017 serta didukung oleh software lain untuk membantu pembuatan media pembelajaran yaitu Adobe Illustrator CC 2017, Bandicam, dan Adobe Premiere Pro CC 2017. Hasil validitas dari media pembelajaran interaktif sandangan swara dan pasangan aksara jawa yang dibuat menunjukkan bahwa media sangat valid untuk diterapkan di kelas berdasarkan skala likert. Selain itu terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif sandangan swara dan pasangan aksara jawa berdasarkan pengukuran menggunakan N-Gain yang menunjukkan nilai 0,42 yang dikategorikan sebagai kriteria sedang pada tingkat pemahaman. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif sangat signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi sandangan swara dan pasangan aksara jawa. Media tersebut juga mampu membuat pengalaman belajar siswa yang lebih menyenangkan dan menarik minat siswa untuk mempelajarinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010250 Ardiansyahdiyan Anggoro Putro
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:55
Last Modified: 25 Sep 2025 02:55
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item
View Item