PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 2D PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Kasus: SD Negeri 02 Pandeyan)

Twojar Shahirul, Kurniawan (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 2D PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA (Studi Kasus: SD Negeri 02 Pandeyan). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_HALAMAN AWAL.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_HALAMAN AWAL.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_ABSTRAK.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB I.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB II.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB III.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB IV.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB V.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_BAB V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_LAMPIRAN.pdf] Text
SKRIPSI_TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN_2113010225_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif 2D pada mata pelajaran Bahasa Jawa, khususnya materi Aksara Jawa, dengan studi kasus di SD Negeri 02 Pandeyan. Latar belakang penelitian didasarkan pada permasalahan siswa kelas 3 yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal, menghafal, serta menuliskan aksara Jawa dengan benar akibat keterbatasan media pembelajaran konvensional. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, serta pre-test dan post-test. Hasil pengembangan berupa aplikasi interaktif berbasis desktop yang dilengkapi dengan materi aksara Jawa, sandhangan, pasangan, kuis, serta game puzzle edukatif. Pengujian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa, yang ditunjukkan melalui analisis N-Gain dengan kategori “sedang–tinggi”. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap media ini berada pada kategori “sangat baik”, sehingga media layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif 2D ini efektif untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mempelajari aksara Jawa. Pengembangan lebih lanjut dapat diarahkan pada perluasan platform berbasis mobile dan integrasi teknologi augmented reality agar pembelajaran lebih fleksibel dan menarik.
Kata kunci: Aksara Jawa, Animasi 2D, ADDIE, Media Pembelajaran Interaktif, N-Gain

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010225 TWOJAR SHAHIRUL KURNIAWAN
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:04
Last Modified: 03 Oct 2025 08:04
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item