Mario Dwi, Satria Nugraha (2025) PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN SISTEM PENGELOLAAN KEKAYAAN INTELEKTUAL BERBASIS WEBSITE DI STMIK AMIKOM SURAKARTA. S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_HALAMAN AWAL.pdf
Download (884kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_ABSTRAK.pdf
Download (160kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_BAB I.pdf
Download (205kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (384kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_BAB V.pdf
Download (127kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (177kB)
MARIO DWI SATRIA NUGRAHA_2113010320_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian berjudul “Perancangan dan Pembangunan Sistem Pengelolaan Kekayaan Intelektual Berbasis Website di STMIK AMIKOM Surakarta” dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan dalam proses pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang selama ini masih bersifat manual. Proses sebelumnya menggunakan Google Form dan komunikasi melalui WhatsApp, sehingga sering menimbulkan kendala dalam pendataan, pemantauan status, serta dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang serta membangun sebuah sistem berbasis web yang mampu mendukung proses pengajuan, pengelolaan, dan pemantauan HKI secara digital, terpusat, serta dapat diakses secara real-time dengan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD).
Sistem yang dihasilkan dilengkapi dengan berbagai fitur, antara lain pengajuan HKI, pengelolaan data, pencatatan statistik, pembuatan dokumen otomatis, serta notifikasi status pengajuan yang terkirim ke email pengguna. Pengujian dilakukan dengan pendekatan Black Box Testing serta melalui kuesioner untuk menilai fungsionalitas dan tingkat kepuasan pengguna. Hasil uji menunjukkan bahwa sistem mampu berfungsi sesuai kebutuhan, baik dari sisi operator (LPPM) maupun pengusul (dosen dan mahasiswa), serta dinilai lebih praktis, cepat, dan transparan dibandingkan sistem sebelumnya.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem berbasis website dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan HKI di STMIK AMIKOM Surakarta. Dengan adanya sistem ini, LPPM lebih mudah dalam mengelola administrasi, sementara pengusul dapat memantau perkembangan pengajuan mereka secara lebih jelas, terdokumentasi, dan terintegrasi.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | S1 - Informatika |
| Depositing User: | 2113010320 MARIO DWI SATRIA NUGRAHA |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:59 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/369 |

