RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ALFABET TK PERTIWI TANJUNG

Aji, Nugraha (2025) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ALFABET TK PERTIWI TANJUNG. D3 thesis, STMIK AMIKOM SURAKARTA.

[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_HALAMAN AWAL.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_HALAMAN AWAL.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_ABSTRAK.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_BAB I.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_BAB II.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_BAB III.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_BAB IV.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_LAMPIRAN.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of AJI NUGRAHA_2212030564_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
AJI NUGRAHA_2212030564_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif pengenalan Alfabet di Tk Pertiwi Tanjung. Latar belakang penelitian ini berfokus pada Proses pengenalan huruf alfabet di TK Pertiwi Tanjung masih menggunakan metode konvensional (papan tulis), menyebabkan peserta didik usia 4-6 tahun mengalami kebosanan, kurang konsentrasi, dan penyerapan materi yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman huruf alfabet (A-Z) dengan pendekatan yang sesuai karakteristik anak usia dini. Media ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Animate 2022 (animasi dan audio) dan CorelDraw (desain visual),dengan struktur navigasi hierarki untuk memandu pembelajaran secara sistematis dari tingkat dasar ke spesifik dasar..Metode penelitian kualitatif diterapkan melalui observasi.langsung, wawancara dengan kepala sekolah, dan studi pustaka untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran. Hasil pengembangan media memadukan unsur audiovisual (suara, musik, animasi, teks, dan gambar) dalam konsep belajar sambil bermain. Diharapkan media ini dapat membantu : (1) Meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap huruf alfabet.(2) Mempercepat proses pembelajaran melalui konten interaktif.(3) Memberikan alternatif media pembelajaran kreatif bagi guru. Media pembelajaran interaktif ini diharapkan sebagai alat bantu untuk para pengajar meningkatkan proses dalam belajar mengajar.dan diharapkan berkontribusi pada pengembangan teknologi pendidikan anak usia dini serta menjadi referensi bagi STMIK Amikom Surakarta dalam riset multimedia interaktif.
Kata kunci : Anak Usia Dini, Media Pembealajaran, Multimedia, Video Interaktif

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: 2212030564 AJI NUGRAHA
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:36
Last Modified: 09 Dec 2025 03:36
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item