Eko, Nugroho (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BERBASIS MOBILE (Studi Kasus: SMP NEGERI 1 KEMALANG). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
EKO NUGROHO_2113010222_HALAMAN AWAL.pdf
Download (933kB)
EKO NUGROHO_2113010222_ABSTRAK.pdf
Download (113kB)
EKO NUGROHO_2113010222_BAB I.pdf
Download (195kB)
EKO NUGROHO_2113010222_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
EKO NUGROHO_2113010222_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (49kB)
EKO NUGROHO_2113010222_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
EKO NUGROHO_2113010222_BAB V.pdf
Download (13kB)
EKO NUGROHO_2113010222_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (129kB)
EKO NUGROHO_2113010222_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kemalang. Media dikembangkan dengan menggunakan Adobe Illustrator untuk pembuatan aset visual dan Adobe Animate untuk pengemasan menjadi aplikasi berbasis Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan materi, kuis, dan minigames guna meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap materi IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba dilakukan pada tiga kelas yaitu 8A, 8C, dan 8F. Penilaian dilakukan melalui penyebaran angket menggunakan Google Form serta pengukuran peningkatan hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon positif dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil angket yang diisi oleh 85 siswa, diperoleh skor rata-rata interpretasi sebesar 80,1 yang termasuk dalam kategori "Sangat Baik". Selain itu, hasil perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan nilai rata-rata N-Gain masing-masing kelas yaitu 8A sebesar 0,74 (kategori tinggi), 8C sebesar 0,62 (kategori sedang), dan 8F sebesar 0,72 (kategori tinggi). Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan dapat dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup di jenjang SMP.
Kata kunci: Media Interaktif, Klasifikasi Makhluk Hidup, Mobile Learning
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
| Divisions: | S1 - Informatika |
| Depositing User: | 2113010222 EKO NUGROHO |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:36 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:36 |
| URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/396 |

