PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TENTANG CIPTAAN TUHAN (Studi Kasus: GBIS Mutihan)

Rangga Revansa, Ari Rajasa (2024) PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TENTANG CIPTAAN TUHAN (Studi Kasus: GBIS Mutihan). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_HALAMAN AWAL.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_HALAMAN AWAL.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of Rangga Revansa Ari Rajasa_2013010187_ABSTRAK.pdf] Text
Rangga Revansa Ari Rajasa_2013010187_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 1.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 1.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 2.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 3.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 4.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 5.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_BAB 5.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_LAMPIRAN.pdf] Text
RANGGA REVANSA ARI RAJASA_2013010187_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) mengenai ciptaan Tuhan. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Alkitab melalui pendekatan yang interaktif dan menarik. Dengan menggunakan teknologi AR, aplikasi ini memungkinkan siswa untuk melihat objek 3D yang berkaitan dengan ciptaan Tuhan, sehingga materi pembelajaran menjadi lebih visual dan mudah dipahami. Metode pengembangan yang digunakan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, digunakan untuk memastikan bahwa aplikasi yang dikembangkan memenuhi kebutuhan pembelajaran yang efektif dan interaktif. meliputi desain aplikasi, implementasi teknologi AR, dan evaluasi fungsionalitas melalui blackbox testing. Penelitian ini melibatkan uji coba aplikasi di Sekolah Minggu GBIS Mutihan, dengan responden anak-anak kelas besar dan guru. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini dinilai sangat praktis oleh 93,4% siswa dan 94% guru, serta mendapatkan skor N-gain rata-rata 0,86, yang termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi AR efektif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ciptaan Tuhan.

Kata kunci: Augmented Reality, Sekolah Minggu, 3D, Ciptaan Tuhan, media pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2013010187 RANGGA REVANSA ARI RAJASA
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:26
Last Modified: 30 Oct 2024 03:26
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item