Farel Atalla, Muhammad Dafa (2024) PENGENALAN MATEMATIKA DASAR PADA SISWA KELAS 1 SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE (Studi Kasus: SD Negeri 1 Lumbungkerep). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_HALAMAN AWAL.pdf
Download (626kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_BAB I.pdf
Download (25kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (264kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (117kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_BAB V.pdf
Download (71kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (136kB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA_2013010221_FULLTEXT.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pada media pembelajaran yang ada pada SD Negeri 01 Lumbungkerep saat ini masih kurang nya media pembelajaran alternatif yang dapat di lakukan di sekolah maupun di rumah siswa. Nilai siswa SD Negeri 01 Lumbungkerep juga yang terbilang kurang dalam mata pelajaran matematika yakni dengan rata-rata 67. Dan juga belum adanya media pembelajaran yang membuat anak menjadi antusias belajar dan tertarik dengan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran yang variatif untuk siswa, mengenalkan media pembelajaran yang menyenangkan berbasis mobile agar menambah minat siswa, dan menjadi alternatif baru bagi guru dan siswa untuk media pembelajaran berbasis mobile. Penelitian menggunakan aplikasi web MIT App Inventor 2 sebagai pembuatan dan pembangunan dari media pembelajaran yang di bangun. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE dalam pengembangan nya yakni (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) analisis, desain,pengembangan, implemetasi, dan evaluasi. Metode tersebut cocok untuk mengemabangkan media pembelajaran yang dapat di sesuaikan dengan evaluasi yang di dapat oleh feedback dari pengguna dengan sistematis. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Menggunakan kuesioner untuk menganalisis objek dan media pembelajaran yang di kembangkan. Perancangan desain menggunakan user flow dan desain interface untuk membantu membuat rancangan media pembelajaran. Hasil dari implementasi dan pengujian di dapatkan presentase 93,4% yang termasuk dalam interval sangat baik. Bahwa media pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan interaktif berbasis mobile sangat baik dapat di terima oleh siswa SD Negeri 01 Lumbungkerep.
Kata kunci: media pembelajaran, bahasa inggris, berbasis mobile, MIT App Inventor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | 2013010221 FAREL ATALLA MUHAMMAD DAFA |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:51 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/103 |