Reza Arif, Setiawan (2024) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN TAHAPAN DAUR HIDUP TUMBUHAN MENGGUNAKAN 3D HOLOGRAM (Studi Kasus: SD Negeri Kartasura 04). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_HALAMAN_AWAL.pdf
Download (947kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_BAB I.pdf
Download (141kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (789kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_BAB V.pdf
Download (6kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_DAPUS.pdf
Download (134kB)
REZAARIFSETIAWAN_2013010169_LAMPIRAN.pdf
Download (941kB)
Abstract
Pendidikan terus berkembang dari waktu ke waktu, begitu pula ilmu pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan 3D Hologram pada mata pelajaran IPA materi tentang tahapan daur hidup tumbuhan. Fungsinya dapat membantu siswa memperluas pengetahuan mereka tentang tahapan daur hidup tumbuhan, di SD Negeri Kartasura 04, Sukoharjo metode pengajaran masih didominasi oleh ceramah dan media buku LKS, yang kurang menarik perhatian siswa. Media pembelajaran menggunakan 3D hologram untuk Materi tahapan daur hidup tumbuhan dalam mata pelajaran IPA di kelas 5 dibuat untuk meningkatkan pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi, serta menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Fokus penulisan ini adalah pada pembuatan media pembelajaran menggunakan 3D hologram yang menjelaskan proses tahapan daur hidup tumbuhan yang dimulai dari biji sampai menjadi buah, serta pengujian dengan kuesioner. Media pembelajaran menggunakan 3D hologram ini dibuat menggunakan Blender 3D, dengan dukungan Monster mash, Corel Draw X7 dan Capcut. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil pengujian media pembelajaran menggunakan 3D hologram dilakukan dengan melibatkan 1 guru dan 25 siswa kelas 5 sebagai subjek penelitian. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor persentase 96%, sedangkan hasil dari kuesioner siswa menunjukkan persentase 91%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan 3D hologram ini sangat layak digunakan sebagai alat bantu dalam meningkatkan pembelajaran siswa saat proses belajar mengajar di kelas 5 SD Negeri Kartasura 04.
Kata kunci: Pendidikan, ADDIE, Media Pembelajaran, Hologram, IPA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010169 REZA ARIF SETIAWAN |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 06:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:37 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/114 |