Muhammad Sulthon, Abdillah (2024) PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN HABITATNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus: TK Pertiwi 1 Lumbungkerep). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_HALAMAN AWAL.pdf
Download (541kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_ABSTRAK.pdf
Download (9kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB I.pdf
Download (23kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (72kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB V.pdf
Download (8kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (143kB)
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pentingnya menyoroti pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan anak, terutama dalam memahami keanekaragaman hewan dan habitatnya. Saat ini, media pembelajaran sering kurang bervariasi dan inovatif, sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Di TK Pertiwi 1 Lumbungkerep, hal ini terbukti dari rendahnya minat siswa kelas A tentang pembelajaran hewan dan habitatnya dikarenakan gambar hewan pada modul campur dengan hewan yang berbeda habitatnya. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan aplikasi mobile interaktif pengenalan hewan berdasarkan habitatnya yang mana dibuat menggunakan MIT App Inventor yang menggabungkan elemen gambar, audio, dan kuis untuk meningkatkan minat anak-anak. Dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Aplikasi ini diharapkan dapat mendukung dan menunjang kebutuhan siswa serta menawarkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari kuesioner minat siswa memperoleh nilai 89,5% yang masuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pengenalan, Hewan, Mobile, ADDIE
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010189 MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 08:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:23 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/127 |