PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN HABITATNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus: TK Pertiwi 1 Lumbungkerep)

Muhammad Sulthon, Abdillah (2024) PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN HABITATNYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus: TK Pertiwi 1 Lumbungkerep). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_HALAMAN AWAL.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_HALAMAN AWAL.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_ABSTRAK.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB I.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB I.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB II.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB III.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB IV.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB V.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_BAB V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_LAMPIRAN.pdf] Text
MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH_2013010189_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya menyoroti pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan anak, terutama dalam memahami keanekaragaman hewan dan habitatnya. Saat ini, media pembelajaran sering kurang bervariasi dan inovatif, sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Di TK Pertiwi 1 Lumbungkerep, hal ini terbukti dari rendahnya minat siswa kelas A tentang pembelajaran hewan dan habitatnya dikarenakan gambar hewan pada modul campur dengan hewan yang berbeda habitatnya. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan aplikasi mobile interaktif pengenalan hewan berdasarkan habitatnya yang mana dibuat menggunakan MIT App Inventor yang menggabungkan elemen gambar, audio, dan kuis untuk meningkatkan minat anak-anak. Dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Aplikasi ini diharapkan dapat mendukung dan menunjang kebutuhan siswa serta menawarkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari kuesioner minat siswa memperoleh nilai 89,5% yang masuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pengenalan, Hewan, Mobile, ADDIE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2013010189 MUHAMMAD SULTHON ABDILLAH
Date Deposited: 10 Oct 2024 08:23
Last Modified: 10 Oct 2024 08:23
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item
View Item