PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Kasus: SD Muhammadiyah 16 Surakarta)

Anansyah Wira, Diharja (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Kasus: SD Muhammadiyah 16 Surakarta). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_HALAMAN AWAL.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_HALAMAN AWAL.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_ABSTRAK.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB I.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB I.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB II.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB III.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB IV.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_ V.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_ V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_LAMPIRAN.pdf] Text
ANANSYAH WIRA DIHARJA_2013010203_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran interaktif yang membahas bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, ditujukan untuk siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut, di mana rata-rata nilai siswa berada di bawah standar KKM. Pendekatan pembelajaran tradisional dinilai kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Adobe Animate berbasis desktop (.Exe), bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dengan fitur-fitur interaktif seperti materi, gambar, audio, dan kuis yang memberikan umpan balik langsung. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ini sangat layak dengan skor rata-rata 82,5% dari ahli materi dan 80% dari ahli media. Meskipun demikian, peningkatan pemahaman siswa berdasarkan uji N-Gain Score berada pada kategori rendah dengan rata-rata 0,28. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS dan menjadi referensi bagi pengembang aplikasi pembelajaran lainnya.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif. ADDIE, bagian tumbuhan dan fungsinya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2013010203 ANANSYAH WIRA DIHARJA
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:16
Last Modified: 18 Oct 2024 02:16
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item
View Item