PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG USAHA DALAM FISIKA DI MTsN 11 BOYOLALI

Muhammad Khairul, Faizi Islamy (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG USAHA DALAM FISIKA DI MTsN 11 BOYOLALI. S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of Khairul_2113010329_Halaman Awal.pdf] Text
Khairul_2113010329_Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_Abstrak.pdf] Text
Khairul_2113010329_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_BAB I.pdf] Text
Khairul_2113010329_BAB I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_BAB II.pdf] Text
Khairul_2113010329_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_BAB III.pdf] Text
Khairul_2113010329_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_BAB IV.pdf] Text
Khairul_2113010329_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_BAB V.pdf] Text
Khairul_2113010329_BAB V.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Khairul_21130329_Daftar Pustaka.pdf] Text
Khairul_21130329_Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Khairul_2113010329_Lampiran.pdf] Text
Khairul_2113010329_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi negara, dalam hal ini masih banyaknya
permasalahan yang dihadapi oleh sekolahan, dengan contoh nyata yang ada pada
MTsN 11 Boyolali yang memiliki metode pembelajaran yang menyebabkan kurang
optimal sehingga tingkat pemahaman dari nilai rata-rata rendah, serta permasalahan
dalam media pembelajaran yang masih menggunakan buku LKS, sehingga
menyebabkan rendahnya daya minat pelajar dalam melakukan pembelajaran.
Sehingga dilakukan peneliti melakukan penelitian dengan merancang media
pembelajaran tentang Usaha di MTsN 11 Boyolali agar dapat merubah nilai rata
rata dan daya minat yang sangat rendah. Metode yang dilakukan peneliti
menggunakan model ADDIE serta teori behaviorisme, agar penelitian lebih
terstruktur dan dapat berfokus terhadap pengulangan, penguatan serta evaluasi dari
pelajar. Dalam penelitian ini menghasilkan tingkat pemahaman terhadap kelas VIII
A dari nilai rata-rata sebelum dilakukan penelitian 62% dan setelah dilakukan
penelitian dan implementasi persentase berubah menjadi 97% dengan rentang nilai
0,90 yang dikatakan tinggi, serta perubahan daya minat yang mulanya hanya 55%
berubah menjadi 80%. Sehingga dapat dinyatakan dengan metode pembelajaran
dan media pembelajaran yang sesuai dapat mendorong pelajar dalam pembelajaran.
Kata kunci: rata-rata, LKS, Usaha, ADDIE, teori behaviorisme, evaluasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010329 Muhammad Khairul Faizi Islamy
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:04
Last Modified: 03 Oct 2025 08:04
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item