GAME EDUKASI PEMILAHAN SAMPAH BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN

Pinilih, Bahtiar Surya (2025) GAME EDUKASI PEMILAHAN SAMPAH BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_HALAMAN AWAL.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_HALAMAN AWAL.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_ABSTRACT.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_ABSTRACT.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB I.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB I.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB II.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB III.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB IV.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB V.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_LAMPIRAN.pdf] Text
BAHTIAR SURYA PINILIH_2113010270_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Simulasi Game Edukasi Pemilahan Sampah Berbasis Android untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran alternatif berupa game edukasi yang dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran remaja mengenai pemilahan sampah organik, anorganik, dan B3. Penelitian dibatasi pada pembuatan game berbasis Android dengan pendekatan Rapid Application Development (RAD) sebagai metode pengembangan, serta analisis data menggunakan SWOT untuk mengkaji kondisi objek penelitian yaitu Karang Taruna Desa Wonorejo, dan Skala Likert untuk mengukur tingkat kelayakan game yang telah dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi AyoPilah! berhasil dirancang dan dikembangkan melalui tahapan pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan, pengujian, serta implementasi. Game dilengkapi materi edukasi tentang jenis sampah organik, anorganik, dan B3, fitur level permainan, sistem skor, timer, serta panduan bermain. Pengujian kelayakan menggunakan kuesioner kepada anggota Karang Taruna menunjukkan bahwa game ini memperoleh persentase kelayakan sebesar 88,05%, yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Hal ini membuktikan bahwa game dapat diterima dengan baik dari segi fungsionalitas, informasi edukatif, maupun pengalaman pengguna.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game edukasi AyoPilah! layak digunakan sebagai media alternatif untuk mendukung edukasi lingkungan, khususnya dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran remaja terhadap pentingnya pemilahan sampah. Meski demikian, penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan materi tambahan seperti daur ulang dan pembuatan kompos agar manfaat edukasi lebih komprehensif.

Kata kunci: Game Edukasi, Unity, Pemilahan Sampah, Rapid Application Development , Skala Likert

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010270 BAHTHIAR SURYA PINILIH
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:03
Last Modified: 03 Oct 2025 08:03
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item
View Item