Fadilla, Fadwa Kusuma Agustin (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR (Studi Kasus: SD Negeri Celep 02, Nguter, Sukoharjo). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
FADILLA_2113010322_HALAMAN AWAL.pdf
Download (988kB)
FADILLA_2113010322_ABSTRAK.pdf
Download (14kB)
FADILLA_2113010322_BAB I.pdf
Download (81kB)
FADILLA_2113010322_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (188kB)
FADILLA_2113010322_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (168kB)
FADILLA_2113010322_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
FADILLA_2113010322_BAB V.pdf
Download (65kB)
FADILLA_2113010322_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
FADILLA_2113010322_LAMPIRAN.pdf
Download (818kB)
Abstract
Kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif, hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan. Pelajaran Matematika berperan utama dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan. Di SD Negeri Celep 02 Nguter Sukoharjo siswa kelas 4 menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika materi bilangan pecahan. Media pembelajaran interaktif 2D dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam belajar mengajar. Proses pembuatan menggunakan Software Adobe Animate dan Adobe Ilustator. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi).
Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka, kuesioner serta pre-test post-test, metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif, SWOT dan skala likert sebagai analisis data. Pembuatan media pembelajaran interaktif memiliki fitur berisi 3 materi yang memiliki visualisasi animasi 2D didalamnya, fitur audio, sound effect tombol, dan suara narasi pada penjelasan materi, fitur quiz berupa pilihan ganda acak dan mini game drag and drop. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 60,66 (pre-test) menjadi 84 (post-test). Selain itu, validasi dari ahli materi menunjukkan bahwa media ini mendapat penilaian sangat layak dengan skor 92,8%.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Animasi 2 Dimensi, Bilangan Pecahan, ADDIE, SWOT.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | S1 - Informatika |
| Depositing User: | 2113010322 FADILLA FADWA KUSUMA |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 08:15 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 08:15 |
| URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/349 |

