PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA BERBASIS ANDROID UNTUK SD KELAS 4 (Studi Kasus: SD Negeri 01 Malangjiwan)

Rifqi, Zanuar Aswar (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA BERBASIS ANDROID UNTUK SD KELAS 4 (Studi Kasus: SD Negeri 01 Malangjiwan). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_HALAMAN AWAL.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_HALAMAN AWAL.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_ABSTRAK.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB I.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB II.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB III.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB IV.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB V.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_BAB V.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_LAMPIRAN.pdf] Text
RIFQI ZANUAR ASWAR_2113010269_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran interaktif materi keragaman sosial dan budaya di Indonesia berbasis android untuk siswa kelas 4 SD Negeri 01 Malangjiwan. Permasalahan yang diangkat penelitian ini adalah belum tercapainya capaian tujuan pembelajaran dan rendahnya pemahaman siswa akibat penggunaan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil proses pembuatan media pembelajaran interaktif telah berhasil dilakukan menggunakan software Adobe Animate 2022 dan Figma untuk pembuatan aset. Aplikasi ini menyajikan menu utama, materi, kuis, puzzle, dan narasi audio. Uji kelayakan aplikasi menggunakan kuesioner memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 92,5% dalam kategori sangat baik, ahli media sebesar 90% dalam kategori sangat baik, dan siswa kelas 4 sebesar 92% dalam kategori sangat baik. Evaluasi pemahaman siswa menggunakan pre-test dan post-test memperoleh nilai N-gain sebesar 0,60 dalam kategori sedang. Pengujian fungsionalitas aplikasi menggunakan Black Box Testing menunjukkan bahwa seluruh menu, tombol, dan fitur berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia, Android, ADDIE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010269 RIFQI ZANUAR ASWAR
Date Deposited: 05 Nov 2025 08:16
Last Modified: 05 Nov 2025 08:16
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item