Yahya, Setiadi (2024) PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PENGGUNAAN KATA AJAIB BAGI SISWA KELAS 2 SD (Studi Kasus : SD Negeri Gumpang 01). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
YAHYA SETIADI_2013010192_HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
YAHYA SETIADI_2013010192_ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
YAHYA SETIADI_2013010192_BAB I.pdf
Download (40kB)
YAHYA SETIADI_2013010192_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (172kB)
YAHYA SETIADI_2013010192_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (98kB)
YAHYA SETIADI_2013010192_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
YAHYA SETIADI_2013010192_BAB V.pdf
Download (8kB)
YAHYA SETIADI_2013010192_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (139kB)
YAHYA SETIADI_2013010192_LAMPIRAN.pdf
Download (8MB)
Abstract
Dalam budaya karakter di indonesia, peserta didik perlu mengetahui adab dan etika dalam berbicara, hal ini berupa kesopanan untuk mengucap kata ajaib yaitu terima kasih, maaf, tolong, dan permisi. Dalam penyampaian pesan yang menarik pada peserta didik, perlu adanya media perantara untuk menciptakan suasana menyenangkan dan pemahaman yang lebih baik yaitu berupa media animasi 2D. Dengan melibatkan pembuatan dan pengujian video animasi 2D sebagai media pembelajaran untuk mengatasi masalah mengenai penggunaan kata ajaib pada anak, pembuatan video animasi ini menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dari metode tersebut, analisa kebutuhan untuk pembuatan animasi dirancang dan menghasilkan data materi dan konsep animasi yang dibuat menggunakan teknik animasi frame by frame. Setelah serangkaian tahapan desain dan pengembangan animasi dilalui, peneliti berhasil menciptakan media animasi 2D yang menarik bagi siswa sekolah dasar pada tahap implementasi dan evaluasi dengan didasari oleh pengujian validitas materi, didapati skor 76,7% dalam kategori bagus dan validitas media dengan perolehan 78% kategori bagus. Untuk mengetahui pandangan siswa terhadap kepuasan animasi, siswa juga ikut menilai video animasi dengan perolehan skor 81,9 dan masuk dalam kriteria bagus. Lalu, dalam melihat pemahaman siswa mengenai penggunaan kata ajaib, meskipun ada peningkatan, hasil pengujian menunjukkan dampaknya masih terbatas sebesar 31,50 dengan peningkatan yang masuk dalam kategori rendah.
Kata kunci: Animasi, 2D, Kata Ajaib, Video Pembelajaran, ADDIE
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010192 YAHYA SETIADI |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:26 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/133 |