Agus Ridho Hidayat, Ridho (2024) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PENGENALAN ORGAN TUBUH MANUSIA PADA SISWA SD KELAS 5 (Studi Kasus: SDN 2 Lumbungkerep). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
Agus Ridho Hidayat_2013010193_HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_ABSTRAK.pdf
Download (6kB)
Agus Ridho Hidayata_2013010193_BAB I.pdf
Download (129kB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (29kB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6kB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (220kB)
Agus Ridho Hidayat_2013010193_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi penting dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan, yang harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Penggunaan media pembelajaran digital, khususnya yang interaktif, menjadi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile untuk materi pengenalan organ tubuh manusia di kelas 5 SD. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 5 di SD Negeri 2 Lumbungkerep, ditemukan bahwa mayoritas siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajaran IPA khususnya pada subtema organ tubuh manusia, dengan 75% siswa belum mencapai KKM. Media pembelajaran yang digunakan saat ini masih berbasis buku, yang dinilai kurang efektif dalam membantu siswa memahami materi secara maksimal. Penelitian ini mengusulkan pengembangan media pembelajaran interaktif yang diimplementasikan melalui aplikasi mobile. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan platform Unity, menawarkan visualisasi 2D yang menarik, animasi, simulasi, serta kuis untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penggunaan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) memastikan proses pembuatan media dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Aplikasi ini diharapkan dapat diakses dengan mudah melalui smartphone yang telah disediakan oleh sekolah, dan digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan pemahaman siswa terhadap materi organ tubuh manusia dapat meningkat, sehingga mereka dapat mencapai KKM yang ditetapkan.
Kata Kunci: Pendidikan, Media Pembelajaran Interaktif, Mobile, Organ Tubuh Manusia, Unity, ADDIE.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010193 AGUS RIDHO HIDAYAT |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 03:24 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:24 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/138 |