RANCANG BANGUN PROSES PEMBUATAN BATIK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL SIMULASI PADA KELAS 5 SD (Studi Kasus: SDN 2 Pugeran kelas 5)

Hadi, Wicaksono (2024) RANCANG BANGUN PROSES PEMBUATAN BATIK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL SIMULASI PADA KELAS 5 SD (Studi Kasus: SDN 2 Pugeran kelas 5). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_HALAMAN AWAL.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_ABSTRAK.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_BAB I.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_BAB I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_BAB II.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_BAB III.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_BAB IV.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_BAB V.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_BAB V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of HADI WICAKSONO_1913010110_LAMPIRAN.pdf] Text
HADI WICAKSONO_1913010110_LAMPIRAN.pdf

Download (967kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif tentang pembuatan batik. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui faktor pemakaian aplikasi pada bidang pendidikan. Faktor yang diteliti yaitu nilai dan kondisi Obyek Penelitian. Obyek penelitian dilakukan pada SDN 2 Pugeran. Metode penelitian yang dilakukan memakai ADDIE. Pada tahap Analisis memakai analisis PIECES. Aplikasi multimedia interaktif ini memuat informasi tentang batik, tata cara pembuatan, dan simulasi pembuatan batik. Hasil perancangan multimedia interaktif telah dibuat sesuai rencana penulis. Hasil pengujian aplikasi BlackBox Fungsional yang dibuat berhasil dilakukan. Hasil penilaian tehadap multimedia intaraktif pembuatan batik dari Ahli Materi sebesar 80%, Ahli Media sebesar 90,77%, dan Guru Pengampu kelas 5 sebesar 95,29% menunjukan bahwa aplikasi dinilai baik. Penulis memakai N-Gain Score untuk mengukur keefektifan multimedia interaktif terhadap nilai siswa. Hasil N-Gain Score menunjukan nilai 0,3298 dengan presentase 32,98%. Hasil N-Gain Score menunjukan pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 1913010110 HADI WICAKSONO
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:07
Last Modified: 14 Oct 2024 07:07
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item
View Item