MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN ANAK (Studi Kasus: SD Muhammadiah Klaten Utara)

Ghulam Vicco, Febriansyah (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN ANAK (Studi Kasus: SD Muhammadiah Klaten Utara). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of 2013010146_HALAMAN AWAL.pdf] Text
2013010146_HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2013010146_ABSTRAK.pdf] Text
2013010146_ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 2013010146_BAB 1.pdf] Text
2013010146_BAB 1.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 2013010146_BAB 2.pdf] Text
2013010146_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of 2013010146_BAB 3.pdf] Text
2013010146_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of 2013010146_BAB 4.pdf] Text
2013010146_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2013010146_BAB  5.pdf] Text
2013010146_BAB 5.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 2013010146_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2013010146_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 2013010146_LAMPIRAN.pdf] Text
2013010146_LAMPIRAN.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif berbasis multimedia yang dapat meningkatkan minat serta efektivitas
pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Klaten Utara.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) dengan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif. Media pembelajaran interaktif dikembangkan menggunakan Adobe
Animate dan Adobe Illustrator, serta dilengkapi dengan fitur-fitur seperti
materi visual, suara, kuis interaktif, dan game puzzle. Evaluasi terhadap
aplikasi dilakukan dengan metode User Acceptance Testing (UAT) menggunakan
skala Likert, serta analisis SWOT untuk menilai keunggulan dan kekurangan
media pembelajaran ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini berhasil
meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap bahasa Arab. Berdasarkan
hasil kuisioner yang diberikan kepada 19 responden (guru dan siswa), diperoleh
rata-rata skor 4,51 dalam skala Likert, yang menunjukkan kategori "Sangat
Setuju" terhadap efektivitas aplikasi dalam pembelajaran. Selain itu, hasil
observasi dan wawancara dengan guru juga mengonfirmasi adanya peningkatan
keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, media pembelajaran
interaktif ini terbukti sebagai alternatif yang efektif dalam membantu
pembelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2013010146 GHULAM VICCO FEBRIANSYAH
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:40
Last Modified: 26 Sep 2025 07:40
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item