Febry Mustika, Mustika Wati (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI HARI KIAMAT UNTUK KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE (Studi Kasus: SD Negeri Gumpang 1). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_ABSTRAK.pdf
Download (66kB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_BAB I.pdf
Download (108kB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (49kB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_BAB V.pdf
Download (74kB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_LAMPIRAN.pdf
Download (272kB)
FEBRY MUSTIKA WATI_2113010260_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (145kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul”Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Materi Hari Kiamat Untuk Kelas V SD Dengan Menggunakan Adobe Animate (Studi Kasus: SD Negeri Gumpang 1)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa kelas V memahami materi hari kiamat secara lebih menarik, mudah dipahami, serta sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Penelitian ini dibatasi pada materi Pendidikan Agama islam mengenai hari kiamat dengan fokus pada pemahaman konsep, tanda-tanda kiamat sugro dan kubro, serta evaluasi melalui soal interaktif. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian
menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif yang dibuat dengan adobe animate mampu menyajikan materi dalam bentuk animasi, narasi suara, serta navigasi yang sederhana. Pengujian dilakukan melalui observasi, wawancara, pretest dan post-test, serta penyebaran angket kepada siswa kelas V SD Negeri Gumpang 1. Hasil pre-test memperlihatkan sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan hasil post-test menujukkan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan setelah penggunaan media. Penilaian ahli media, ahli materi, respon siswa menujukan bahwa media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran
interaktif berbasis Adobe Animate efektif meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi hari kiamat. Media ini tidak hanya mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang abstrak, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Dengan demikian, media ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran Pendidikan agama islam di sekolah dasar.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Animate, Hari Kiamat, Metode ADDIE, Pendidikan Agama Islam.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | S1 - Informatika |
| Depositing User: | 2113010260 FEBRY MUSTIKA WATI |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:44 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:44 |
| URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/365 |

