Celvin, Collins Tan (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PEMBELAJARAN IPAS “MEMAKAN DAN DIMAKAN” PADA KELAS V SD (Studi Kasus: SD Kristen Kartasura). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-HALAMAN AWAL.pdf
Download (622kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-ABSTRAK.pdf
Download (222kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-BAB I.pdf
Download (340kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (361kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-BAB V.pdf
Download (198kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (183kB)
CELVIN COLLINS TAN-2113010280-LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media pembelajaran interaktif berbasis mobile untuk materi IPAS "Memakan dan Dimakan" pada siswa kelas V SD Kristen Kartasura. Penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa nilai rata-rata ulangan dan pre-test materi ini di SD Kristen Kartasura masih rendah, yaitu 53.3 dan 37.6, dengan 76.19% siswa memiliki nilai di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75. Proses pembelajaran yang masih konvensional, seperti metode ceramah dan penggunaan buku paket, membuat siswa kurang termotivasi dan kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak. Untuk mengatasi masalah ini, media pembelajaran interaktif ini dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Aplikasi ini dibuat dengan perangkat lunak Construct 2 dan CorelDraw 2020.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi yang mencapai nilai 86.36% dan ahli media sebesar 85%, keduanya masuk dalam kriteria Sangat Bagus. Selain itu, respons siswa/i sebagai responden juga menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan persentase 84.89%, yang juga termasuk dalam kategori Sangat Bagus. Pengujian fungsionalitas menggunakan blackbox testing juga menunjukkan bahwa semua fitur dalam aplikasi ini berfungsi dengan baik. Peningkatan pemahaman siswa diukur menggunakan metode N-Gain dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test. Nilai rata-rata siswa meningkat secara signifikan, dari 37.6 pada pre-test menjadi 81.42 pada post-test. Peningkatan ini menghasilkan nilai N-Gain sebesar 70.22%, yang berada dalam kategori Tinggi.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, IPAS, Mobile, SD, Rantai Makanan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Depositing User: | 2113010280 Celvin Collins Tan |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 08:16 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 08:16 |
| URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/380 |

