PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK KELAS VII SMP (Studi Kasus: SMP Negeri 2 Trucuk)

Ardi, Kurniawan (2025) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK KELAS VII SMP (Studi Kasus: SMP Negeri 2 Trucuk). S1 thesis, STMIK Amikom Surakarta.

[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_ABSTRAK.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB I.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB I.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB II.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB III.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB IV.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB V.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_BAB V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_LAMPIRAN.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ARDI KURNIAWAN_2113010248_HALAMAN AAWAL.pdf] Text
ARDI KURNIAWAN_2113010248_HALAMAN AAWAL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif IPA pada Materi Gaya dan Gerak untuk Siswa SMP Kelas VII” dan bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi yang membantu siswa memahami konsep gaya dan gerak secara lebih mudah dan menarik. Penelitian dibatasi pada materi gaya, gerak lurus beraturan (GLB), dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan platform Kodular mampu menampilkan simulasi dan animasi sederhana sesuai kebutuhan pembelajaran IPA kelas VII, dan hasil uji validasi oleh ahli materi serta ahli media memperoleh kategori “sangat layak” dengan rata-rata skor di atas 85%. Uji coba terbatas kepada siswa juga memperlihatkan peningkatan pemahaman konsep gaya dan gerak, terbukti dari perbedaan nilai pre-test dan post-test dengan peningkatan rata-rata sebesar 25%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif ini dapat digunakan sebagai alternatif pendukung proses belajar mengajar IPA, karena selain meningkatkan pemahaman siswa juga menambah motivasi belajar melalui penyajian yang interaktif dan mudah digunakan.

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, IPA, gaya dan gerak, Kodular, siswa SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010248 ARDI KURNIAWAN
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:37
Last Modified: 09 Dec 2025 03:37
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item
View Item