Latifah, Nur Fitriana (2024) VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI PENGENALAN BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Studi Kasus: SD Negeri Waru 2 Baki, Sukoharjo). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
LATIFAH NUR F_2013010158_HALAMAN AWAL.pdf
Download (609kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_ABSTRAK.pdf
Download (39kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_BAB I.pdf
Download (24kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (171kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (78kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
LATIFAH NUR F_2013010158_BAB V.pdf
Download (10kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
LATIFAH NUR F_2013010158_LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat video pembelajaran animasi pengenalan bangun ruang untuk siswa sekolah dasar kelas II di SD Negeri Waru 2 Baki, Sukoharjo. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang di lakukan peneliti di SD Negeri Waru 2 Baki ditemukan permasalahan dimana proses pembelajaran matematika di kelas II masih menggunakan metode konvensional. Dengan metode pembelajaran tersebut siswa merasa bosan dan banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari matematika terutama materi bangun ruang. Oleh karena itu diperlukan video pembelajaran animasi pengenalan bangun ruang untuk membantu siswa dalam belajar materi bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengumpulan data observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan video pembelajaran animasi pengenalan bangun ruang yaitu dengan metode ADDIE. pembuatan video pembelajaran pengenalan bangun ruang ini menggunakan software Adobe After Effect, Adobe Ilustrator dan Blender. Pengujian dilakukan di kelas II SD Negeri Waru 2 Baki dan diberikan kuesioner untuk mengetahui penerimaan video pembelajaran yang di buat. Hasil kuesioner yang diberikan kepada siswa mendapat hasil 93,6% dan guru sebesar 90% yang masuk ke dalam kategori sangat setuju. Dengan hasil tersebut maka video pembelajaran yang di buat dapat di terima oleh siswa dan guru dalam membantu pembelajaran.
Kata kunci: Video Pembelajaran, Animasi, Bangun Ruang, ADDIE, Adobe After Effects
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010158 LATIFAH NUR FITRIANA |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/139 |