PEMBUATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA DENGAN TEKNIK LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC 2D(Studi Kasus: Mata Air Umbul Manten Klaten)

Suryo Nugroho Setyo Aji, Suryo Aji (2025) PEMBUATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA DENGAN TEKNIK LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC 2D(Studi Kasus: Mata Air Umbul Manten Klaten). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_HALAMAN AWAL.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_HALAMAN AWAL.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_ABSTRAK.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB I.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB I.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB II.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB III.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB IV.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB V.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_BAB V.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_LAMPIRAN.pdf] Text
SURYO NUGROHO SETYO AJI_2013010178_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media promosi dalam suatu objek wisata berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai aspek layanan dan fasilitas. Permasalahan yang ada di objek wisata mata air ini kurangnya sumber daya manusia untuk membuat konten sendiri, kebanyakan video yang di sosmed masih berdurasi pendek seperti short video, reels, dan repost story. Tujuan utama media ini adalah untuk menarik minat masyarakat, memberikan informasi yang akurat tentang objek wisata, dan mendorong masyarakat untuk mengunjungi atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Dalam pengembangan media promosi ini digunakan perangkat lunak seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe After Effects, dan Adobe Premiere Pro. Proses perancangan media informasi ini mengikuti metode ADDIE yang meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mencakup empat aspek yaitu visual, audio, bahasa, dan penyampaian informasi, dengan total pertanyaan sebanyak 16 pertanyaan. Hasil kuesioner dari 70 responden dari karyawan BUMDES Sidowayah dan Wisata Mata Air Umbul Manten, juga wisatawan menunjukkan skor sebesar 82,1%. Hal ini menunjukkan bahwa video profil perusahaan ini “Sangat Baik” untuk digunakan sebagai media promosi Wisata Mata Air Umbul Manten. Video promosi objek wisata ini mencakup delapan layanan dasar dan fasilitas di Wisata Mata Air Umbul Manten, sehingga memberikan gambaran singkat tentang layanan dan fasilitas yang dimiliki oleh objek wisata.
Kata Kunci: Media Promosi, Metode ADDIE, Objek Wisata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: 2013010178 SURYO NUGROHO SETYO AJI
Date Deposited: 12 Aug 2025 05:46
Last Modified: 12 Aug 2025 05:46
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item
View Item