G'rallsyah Jatra, Kelana Zulkarnaen (2025) RANCANG BANGUN SISTEM RESERVASI SALON NILA NILUT BERBASIS WEB. D3 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_HALAMAN AWAL.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_HALAMAN AWAL.pdf
Download (767kB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_ABSTRAK.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_ABSTRAK.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB I.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB I.pdf
Download (516kB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB II.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (463kB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB III.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB IV.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_BAB IV.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.amikomsolo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G'RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN_2212030562_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salon Nila Nilut adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan dan berlokasi di Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Usaha ini telah berjalan selama kurang lebih empat tahun. Dalam kegiatan operasionalnya, salon ini memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai sarana untuk menerima reservasi dari pelanggan. Meskipun metode tersebut cukup membantu dalam mengatasi masalah antrean, sistem yang digunakan masih bersifat manual dan belum terotomatisasi sepenuhnya. Hal ini menyebabkan munculnya sejumlah kendala, seperti kesalahan pencatatan dan ketidakteraturan dalam penjadwalan layanan pelanggan. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem reservasi salon berbasis web yang memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan layanan secara mandiri. Pengembangan sistem ini menggunakan metode Waterfall yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, serta pengujian. Sistem yang dibangun dilengkapi dengan fitur Log in pelanggan, pemesanan layanan, integrasi pembayaran, serta pencetakan struk digital sebagai bukti transaksi. Dari hasil pengujian yang dilakukan, sistem berhasil dijalankan dengan baik dan mampu memenuhi kebutuhan operasional salon serta memberikan kemudahan bagi pelanggan. Kehadiran sistem ini diharapkan dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan, dan mempermudah pihak salon dalam mengelola kendala terkait antrean.
Kata kunci: sistem reservasi, salon, web
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | D3 - Manajemen Informatika |
Depositing User: | 2212030562 G’RALLSYAH JATRA KELANA ZULKARNAEN |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 16:25 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 16:25 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/283 |