PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA (Studi Kasus: SD Negeri Pranan 02 Polokarto, Sukoharjo)

Yesika Ayu, Yuliana (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA (Studi Kasus: SD Negeri Pranan 02 Polokarto, Sukoharjo). S1 thesis, STMIK AMIKOM SURAKARTA.

[thumbnail of Yesika_2113010323_HALAMAN AWAL.pdf] Text
Yesika_2113010323_HALAMAN AWAL.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_ABSTRAK.pdf] Text
Yesika_2113010323_ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_BAB 1.pdf] Text
Yesika_2113010323_BAB 1.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_BAB 2.pdf] Text
Yesika_2113010323_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_BAB 3.pdf] Text
Yesika_2113010323_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_BAB 4.pdf] Text
Yesika_2113010323_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_BAB 5.pdf] Text
Yesika_2113010323_BAB 5.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Yesika_2113010323_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Yesika_2113010323_LAMPIRAN.pdf] Text
Yesika_2113010323_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Seni Rupa yang bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan fokus pada materi kolase dan origami. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi seni rupa. Melalui pre-test dan post-test, nilai N-Gain siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan sebagian besar siswa berada dalam kategori "Tinggi" dan "Sedang". Selain itu, kuesioner yang diisi oleh siswa dan ahli materi menunjukkan bahwa media ini layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran interaktif ini tidak hanya meningkatkan minat dan motivasi siswa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran interaktif lainnya di bidang pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran seni rupa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2113010323 YESIKA AYU YULIANA
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:34
Last Modified: 12 Nov 2025 03:34
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item
View Item