PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BACAAN TAJWID PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Andes Dwi, Cahyono (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BACAAN TAJWID PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_HALAMAN AWAL.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_HALAMAN AWAL.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_ABSTRAKSI.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_ABSTRAKSI.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB I.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB II.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB III.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB IV.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB V.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_BAB V.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of ANDES DWI CAHYONO_2013010210_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
ANDES DWI CAHYONO_2013010210_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktf bacaan tajwid Pendidikan Agama Islam yang bertujuan mengembangan media pembelajaran dari konvesional melalui pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate.memiliki Batasan masalah yaitu isi materi hanya terbatas yang disajikan izhar, idgam bigunnah, idgam bilagunnah, ikhfa, iqlab. Menggunakan metode pendekatan kuantitatid dan kualitatif, wawancara observasi sebagai pengiumpulan data, skala likert sebagai metode analisis data, metode addie sebagai metode alur penelitian. Hasil penelitian membuat media pembelajaran menggunakan adobe animate dan adobe illustrator sebagai software pendukung, yang memiliki fitur materi ber-isi 5 materi, fitur audio ber-isi backsound dan suara latin pada penjelasan, fitur kuis memiliki potongan gambar ayat Al-Qur’an untuk dijadikan sebuah pertanyaan, dan terdapat fitur warna yang digunakan penekanan agar peserta didik memahami perbedaan jenis bacaan tajwid. Interaksi Guru dan Peserta didik dalam proses pembelajaran kurang efektif dan efesian. Dengan adanya media pembelajaran interaktif yang dapat memudahkan guru dalam penyajian materi sehinga agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

kata kunci: Media pembelajaran, Interaktif, Bacaan tajwid, Al-Qur’an, Peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: S1 - Informatika
Depositing User: 2013010210 ANDES DWI CAHYONO
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:46
Last Modified: 09 Oct 2024 03:46
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item
View Item