APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA (Studia Kasus: Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali)

Dilla, Apriliyanti (2024) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA (Studia Kasus: Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali). D3 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_HALAMAN AWAL.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_HALAMAN AWAL.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_ABSTRAK.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB I.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB II.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB III.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB IV.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_BAB IV.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of DILLA APRILIYANTI_2112030513_LAMPIRAN.pdf] Text
DILLA APRILIYANTI_2112030513_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Qur'an merupakan komponen penting dalam pendidikan Islam yang dimulai dengan pengenalan huruf hijaiyah. Saat ini, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah di Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali masih menggunakan metode konvensional, yaitu dengan menggunakan buku Iqra’. Meskipun metode ini terbukti efektif, sering kali kurang mampu menarik perhatian dan minat anak-anak yang cenderung merasa bosan. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang dirancang khusus untuk pengenalan huruf hijaiyah. Aplikasi ini memanfaatkan komponen multimedia seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi interaktif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran huruf hijaiyah di Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali melalui penerapan teknologi multimedia yang inovatif.

Kata kunci: Pembelajaran Al-Qur'an, Huruf Hijaiyah, Media Pembelajaran Interaktif, Multimedia, Taman Kanak-Kanak Bustanul Athfal Aisyiyah Jagoan Boyolali

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: 2112030513 DILLA APRILIYANTI
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:28
Last Modified: 09 Oct 2024 03:28
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item