RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA MENGENAL HURUF HIJAIYAH DAN MAKHRAJNYA UNTUK TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus: TK Raudhatul Athfal Amanah Ummah 4 Gemolong)

Muhammad Ramadhan, Rozaqus Sifa' (2025) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA MENGENAL HURUF HIJAIYAH DAN MAKHRAJNYA UNTUK TAMAN KANAK-KANAK (Studi Kasus: TK Raudhatul Athfal Amanah Ummah 4 Gemolong). D3 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.

[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_HALAMAN AWAL.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS  SIFA'_2212030560_ABSTRAK.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_ABSTRAK.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB I.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB I.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB II.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB III.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB IV.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_BAB IV.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_LAMPIRAN.pdf] Text
MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'_2212030560_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan pada anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk perkembangan kognitif, motorik, sosial, dan emosional anak. Salah satu aspek penting dalam pendidikan anak usia dini, khususnya di lingkungan pendidikan Islam, adalah pengenalan Huruf Hijaiyah dan makhrajnya sebagai dasar untuk membaca Al-Qur’an. Namun, dalam praktiknya, pengenalan huruf-huruf tersebut masih dilakukan dengan metode konvensional yang kurang menarik, seperti penggunaan buku Iqro’, penebalan huruf, dan mencocokkan gambar. Hal ini menyebabkan anak-anak cepat bosan, kurang tertarik, dan tidak aktif selama proses pembelajaran. Melihat permasalahan tersebut, dibutuhkan solusi berupa media pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang dapat memadukan elemen teks, suara, gambar, video, dan animasi. Media ini dirancang untuk menarik perhatian anak dan mempermudah proses pengenalan Huruf Hijaiyah dan makhrajnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran interaktif berbasis multimedia guna meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran Huruf Hijaiyah dan makhraj pada anak-anak di TK Raudhatul Athfal Amanah Ummah 4 Gemolong. Diharapkan media ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, komunikatif, serta mendukung perkembangan anak dalam memahami dasar-dasar membaca Al-Qur’an.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Multimedia, Huruf Hijaiyah, Makhraj, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: 2212030560 MUHAMMAD RAMADHAN ROZAQUS SIFA'
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:35
Last Modified: 26 Sep 2025 07:35
URI: http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item