Setiawan, Adib Wibowo (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA KELAS 2 (Studi Kasus: MI Terpadu Al Mabrur Tawangsari, Sukoharjo). S1 thesis, STMIK AMIKOM Surakarta.
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_ABSTRAK.pdf
Download (13kB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_BAB I.pdf
Download (78kB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (80kB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (158kB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_BAB V.pdf
Download (13kB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (133kB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
SETIAWAN ADIB WIBOWO_2013010155_FULLTEXT.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pengajaran Bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi dan harus
menjadi prioritas. Mengenalkan berbagai jenis alat transportasi dan fungsinya dapat
membantu siswa memperluas pengetahuan mereka tentang lingkungan. Namun, di
MI Terpadu Al-Mabrur Tawangsari, metode pengajaran masih didominasi oleh
ceramah dan media buku LKS, yang kurang menarik perhatian siswa. Media
Pembelajaran Interaktif untuk Materi Pengenalan Alat Transportasi dalam Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 2 dirancang untuk meningkatkan minat dan
pemahaman siswa terhadap materi, serta menjadikan proses belajar lebih
menyenangkan. Fokus penulisan ini adalah pada pembuatan media pembelajaran
interaktif yang mencakup transportasi darat, laut, dan udara, serta pengujian dengan
kuesioner. Aplikasi interaktif ini dirancang menggunakan Adobe Animate, dengan
dukungan Adobe Illustrator dan Corel Draw X7. Model pengembangan yang
digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan
Evaluasi). Hasil pengujian sistem dilakukan dengan Black Box Testing, melibatkan
1 guru dan 16 siswa kelas II sebagai subjek penelitian. Hasil validasi dari ahli materi
mendapatkan skor persentase 96,8%, sedangkan hasil dari kuesioner siswa
menunjukkan persentase 97,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
ini sangat layak digunakan sebagai alat bantu dalam meningkatkan minat siswa saat
proses belajar mengajar di kelas II MI Terpadu Al-Mabrur Tawangsari.
Kata kunci: ADDIE, Alat Transportasi, Black Box Testing, Kuesioner, Media
Pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | S1 - Informatika |
Depositing User: | 2013010155 SETIAWAN ADIB WIBOWO |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:12 |
URI: | http://repository.amikomsolo.ac.id/id/eprint/90 |